PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM
INFORMASI
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode
pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada
proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja
dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin
ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau
detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya
penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan
sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna
teknologi informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani
masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan
teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer
untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang
digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat
lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan
non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki
sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada
konsumennya.
Metode yang digunakan Manajemen Layanan
Sistem Informasi
- Total
Quality Management (TQM)
TQM adalah strategi manajemen yang ditunjukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. - Six
Sigma
Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management (TQM), sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan menghilangkan biaya. - Business
Process Management (BPM)
BPM adalah suatu metode penyelarasan secara efisien suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM merupakan suatu pendekatan manajemen holistic untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi, fleksibilitas dan integrasi dengan teknologi. - Capability
Maturity Model Integration (CMMI)
CMMI adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsure-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
FRAMEWORK
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Contoh kerangka kerja dari Manajemen Layanan Sistem
Informasi adalah sistem pengelolaan data karyawan dan penggajian pada sebuah
perusahaan manufaktur, atau biasa disebut Human Resources Information System
(HRIS). Software HRIS tersebut biasanya melakukan proses penyimpanan database
karyawan dalam sebuah perusahaan. Dari mulai karyawan tersebut di-hire sebagai
karyawan sampai dengan karyawan tersebut resign. Manajemen Layanan Sistem
Informasi pada HRIS terletak pada proses penginputan data oleh Admin dan juga
transaksi-transaksi yang dilakukan secara online oleh karyawan itu sendiri.
Proses Penginputan data oleh Admin biasanya berupa
data personal karyawan, gaji, serta data lainnya sesuai kebutuhan masing-masing
perusahaan. Transaksi-transaksi yang dilakukan oleh karyawan biasanya berupa
permohonan cuti, overtime, atau yang berhubungan dengan Finance, seperti claim
medical reimbursement, expenses, dan lain sebagainya.
Proses otomatisasi tersebut dapat mengurangi
kemungkinan human error juga mempercepat proses dengan mengurangi risiko
tercecernya dokumen pendukung.
Kesimpulan menurut saya
Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan metode
pengelolaan informasi dari perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis
perusahaan.
Metode yang digunakan Manajemen Layanan Sistem Informasi yaitu Total Quality Management (TQM), Six Sigma, Business
Process Management (BPM), Capability Maturity Model Integration (CMMI)
kerangka kerja dari Manajemen Layanan Sistem Informasi
adalah sistem pengelolaan data karyawan dan penggajian pada sebuah perusahaan
manufaktur, atau biasa disebut Human Resources Information System (HRIS).
Sumber:
1) https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/
2) https://nuniknoviani.wordpress.com/2016/03/22/manajemen-layanan-sistem-informasi/
Terimakasih buat informasinya sanggat membantu saya dalam mencari referensi untuk Blogger saya
BalasHapus