Review jurnal dengan judul Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP)
Service
Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap
Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ , Tangerang)
Penggunaan Teknologi Informasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasional bisnis
yang mendukung tercapainya tujuan perusahaan, termasuk juga PT XYZ. Unit
fungsional service desk sangat dibutuhkan oleh PT XYZ dalam mendukung
operasional TI dan menangani permasalahan yang muncul serta memonitor terkait
penggunaan TI yang ada di dalam perusahaan. Adanya kebutuhan PT XYZ untuk
menjadikan service desk menjadi unit yang dapat berjalan dengan baik sesuai
dengan fungsinya, menunjukkan bahwa perlunya penerapan tata kelola TI untuk
mengatur dan mengelola aktivitas service desk. Salah satu tata kelola TI yang
dimaksud adalah berupa prosedur kerja. Kerangka kerja Information Technology
Infrastructure Library (ITIL) .Pembuatan dokumen SOP service desk dibuat
berdasarkan prooses-proses yang ada di dalam ITIL v3 yang terkait dengan fungsi
service desk.
berikut pengembangan
dokumen SOP service desk yang dihasilkan.
1) Proses yang terkandung dalam dokumen
SOP service desk PT XYZ berdasarkan kerangka kerja ITIL v3
Proses-proses layanan TI service desk PT XYZ
yang dimuat ke dalam dokumen SOP berdasarkan kerangka kerja ITIL V3 adalah incident
management, problem management, request fulfillment, knowledge management, dan
asset management.
2) Hasil akhir pembuatan dokumen Standard
Operating Procedure (SOP) Service Desk PT XYZ berdasarkan kerangka
kerja ITIL v3
Berdasarkan hasil analisis GAP, dihasilkan 4
prosedur (2 prosedur baru dan 2 prosedur diperbarui). Selain 4 prosedur,
dihasilkan juga beberapa kebijakan dan form untuk melengkapi dokumen SOP.
Keseluruhan isi dokumen SOP akan dibukukan terpisah menjadi buku produk dan
diserahkan kepada pihak terkait, yaitu Service Desk Manager dan Kepala
Divisi TI PT XYZ. SOP akhir yang dihasilkan setelah proses verifikasi
dan validasi terdiri dari: 1. SOP Penanganan Gangguan Layanan Service Desk; 2.
SOP Pemenuhan Permintaan Layanan Service Desk; 3. SOP Stagging PC/ Notebook; 4.
SOP Deliver PC/ Notebook.
Tidak hanya SOP yang dihasilkan dalam pembuatan
dokumen SOP ini, namun dokumen SOP tersebut juga dilengkapi dengan struktur
organisasi service desk PT XYZ, kebijakan eskalasi, Service Level Agreement,
instrumen pendukung SOP berupa form-form yang mengacu pada best practice yang
digunakan, dan usulan desain pembuatan aplikasi knowledge base.
DOWNLOAD>>>JURNAL
Nama Kelompok:
1)Antony Lukman (1B117074)
2)Aldiansyah Kurnia Putra(1B117075)
Sumber:
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/8116
Komentar
Posting Komentar