Langsung ke konten utama

Tugas Manajemen layanan Sistem Informasi riview jurnal



Review jurnal dengan judul Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP)
Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ , Tangerang)
Penggunaan Teknologi Informasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasional bisnis yang mendukung tercapainya tujuan perusahaan, termasuk juga PT XYZ. Unit fungsional service desk sangat dibutuhkan oleh PT XYZ dalam mendukung operasional TI dan menangani permasalahan yang muncul serta memonitor terkait penggunaan TI yang ada di dalam perusahaan. Adanya kebutuhan PT XYZ untuk menjadikan service desk menjadi unit yang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya, menunjukkan bahwa perlunya penerapan tata kelola TI untuk mengatur dan mengelola aktivitas service desk. Salah satu tata kelola TI yang dimaksud adalah berupa prosedur kerja. Kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) .Pembuatan dokumen SOP service desk dibuat berdasarkan prooses-proses yang ada di dalam ITIL v3 yang terkait dengan fungsi service desk.
berikut pengembangan dokumen SOP service desk yang dihasilkan.
1) Proses yang terkandung dalam dokumen SOP service desk PT XYZ berdasarkan kerangka kerja ITIL v3

Proses-proses layanan TI service desk PT XYZ yang dimuat ke dalam dokumen SOP berdasarkan kerangka kerja ITIL V3 adalah incident management, problem management, request fulfillment, knowledge management, dan asset management.
2) Hasil akhir pembuatan dokumen Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk PT XYZ berdasarkan kerangka kerja ITIL v3
 Berdasarkan hasil analisis GAP, dihasilkan 4 prosedur (2 prosedur baru dan 2 prosedur diperbarui). Selain 4 prosedur, dihasilkan juga beberapa kebijakan dan form untuk melengkapi dokumen SOP. Keseluruhan isi dokumen SOP akan dibukukan terpisah menjadi buku produk dan diserahkan kepada pihak terkait, yaitu Service Desk Manager dan Kepala Divisi TI PT XYZ. SOP akhir yang dihasilkan setelah proses verifikasi dan validasi terdiri dari: 1. SOP Penanganan Gangguan Layanan Service Desk; 2. SOP Pemenuhan Permintaan Layanan Service Desk; 3. SOP Stagging PC/ Notebook; 4. SOP Deliver PC/ Notebook.

 Tidak hanya SOP yang dihasilkan dalam pembuatan dokumen SOP ini, namun dokumen SOP tersebut juga dilengkapi dengan struktur organisasi service desk PT XYZ, kebijakan eskalasi, Service Level Agreement, instrumen pendukung SOP berupa form-form yang mengacu pada best practice yang digunakan, dan usulan desain pembuatan aplikasi knowledge base. 

DOWNLOAD>>>JURNAL

Nama Kelompok:
1)Antony Lukman (1B117074)
2)Aldiansyah Kurnia Putra(1B117075) 




Sumber:
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/8116

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Data Mining

Data Mining    Data mining mengacu pada proses untuk menambang (mining) pengetahuan dari sekumpulan data yang sangat besar [Jiawei, 2001]. Sebenarnya   data mining merupakan suatu langkah dalam knowlegde discovery in databases (KDD). Knowledge discovery sebagai suatu proses terdiri atas pembersihan data (data cleaning), integrasi data (data integration), pemilihan data (data selection), transformasi data (data transformation),   data mining, evaluasi pola (pattern evaluation) dan penyajian pengetahuan (knowledge presentation). Kerangka proses data mining yang akan dibahas tersusun atas tiga tahapan, yaitu pengumpulan data (data collection), transformasi data (data transformation), dan analisis data (data analysis) [Nilakant, 2004]. Proses tersebut diawali dengan preprocessing yang terdiri atas pengumpulan data untuk menghasilkan data mentah (raw data) yang dibutuhkan oleh data mining, yang kemudian dilanjutkan dengan transformasi data untuk mengubah data mentah menjadi format yang

Tugas 4 soal no 2.penjelasan dan gambar dari siklus pendapatan

1. Siklus Pendapatan       -     Pengertian Siklus Pendapatan Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan – penjualan tersebut. Siklus Pendapatan merupakan prosedur pendapatan dkimulai dari bagian penjualanotorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai denganpenerimaan kas.      -      Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan         Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :         1. Penerimaan pesanan dari para pelanggan - Mengambil pesanan pelanggan - Persetujuan kredit - Memeriksa ketersediaan persediaan - Menjawab permintaan pelanggan         2. Pengiriman barang - Ambil dan pak pesanan - Kirim pesanan         3. Penagihan dan piutang usaha - Penagihan - Pemeliharaan data piutang usaha - Pengecualian : Penyesuaian rekening dan