TREND SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI BIDANG BISNIS
A. Tren Sistem atau Teknologi Informasi Masa Depan
Ekonomi API (Application Programming Interface)
API adalah sekumpulan perintah yang memiliki fungsi dan juga
protokol yang dapat digunakan oleh seorang programer pada saat membuat sebuah
perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. Di dalam ekonomi API kitajuga
mengenal yang namanya System Call Interface. System ini memiliki fungsi untuk
menghubungkan antara API dengan system call yang di mengerti oleh OS. Dengan
cara system call interface menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian ia
akan memanggil system call yang di perlukan.
Pemasaran Dimensi
Pemasaran memiliki banyak arti dalam masing masing dimensi.
Dalam dimensi bisnis pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan
bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang - barang dan jasa yang dapat memuaskan keinginan konsumen.
Bagian pemasaran dalam sebuah persahaan memiliki sistem informasi pemasaran
yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut. Dan
sistem ini merupakan gabungan dari keputusan yag berkaitan tentang produk,
tempat, promosi, dan harga produk.
Robot Manusia
Pada masa ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang
cukup pesat. Banyak sekali terciptanya macam macam teknologi yang dapat
mempermudah pekerjaan manusia. Dan robot merupakan salah satu ciptaan manusia
yang ada karena adanya perkembangan teknologi. Robot sendiri sudah mengalami
banyak pengembangan sehingga semakin kesini kemampuan robot yang dibuat
memiliki kemampuan layaknya manusia.
Pada zaman modern seperti sekarang ini semuanya di lakukan
dengan serba cepat. Oleh sebab itu teknologi informasi sangatlah di butuhkan.
Hal tersebut membuat banyaknya orang ingin menjadi salah satu bagian untuk
menjadi pekerja dari teknologi informasi. Karna teknologi akan terus berkembang
dan tiada habisnya untuk memodifikasi teknologi menjadi lebih baik. Dan ada
beberapa pekerjaan di bidang bisnis teknologi informasi yaitu :
Internet bisnis adalah bentuk bisnis yang dilakukan di dunia
maya.
Sistem komputer adalah betuk bisnis dalam pengembangan
perangkat lunak.
Software
Contoh Kasus
Sejak tahun 2007 Facebook mengalami peningkatan pada
pengguna di indonesia. Hal tersebut terjadi karna jumlah penduduk di Indonesia
juga sangat banyak. Namun semakin kesini semakin banyak muncul berbagai macam
aplikasi yang menawarkan brbagai macam kegunaa. Oleh sebab itu facebook juga
makin memperbanyak fitur fitur di dalamnya agar ia tetap menjaga konsisten
pengguna untuk tetap memakai aplikasi Facebook. Selain itu sekarang Facebook
juga mulai digunakan untuk melakuka aktivitas bisnis seperti berjulan.
B. Trend Sistem atau Teknologi Informasi dalam Bidang Bisnis
Pengertian dan Tujuan Bisnis
Menurut Prof.L.R.Dicksee bisnis adalah sebuah aktivitas yang
memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang berkepentingan dalam
aktivitas tersebut. Bisnis sendiri memiliki beberapa tujuan lainnya yaitu :
Untuk mendapatkan profit
Agar pemilik memiliki kesejahteraan
Ingin berprestasi sehingga dapat dikenal oleh banyak orang
Untuk memanfaatkan waktu luang
Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dengan semakin majunya teknologi, hal ini membawa banyak
manfaat yang berguna bagi masyarakat.Dan teknologi informasi menjadi salah satu
teknologi yang memberikan manfaat di dunia bisnis. Oleh sebab itu teknologi
informasi memiliki pengaruh terhadap dunia bisnis karna memberikan beberapa
manfaat utuk dunia bisnis yaitu :
Membuat adanya peluang baru dalam dunia bisnis yaitu
E-Busiess
Dapat memperluas pangsa pasar
Dapat mengurangi biaya produksi dan operasional
Prosedur Pendirian Bisnis , Kontrak Kerja dan Prosedur
Pengadaan
Dalam prosedur pendirian bisnis memiliki beberapa tahapan
yang perlu diperhatikan yaitu :
Tahap pengurusan izin pendirian
Mendapatkan sebuah izin dalam mendirikan perusahaan sangatlah
penting. Karna hal tersebut membuat perusahaan yang kita dirikan dapat di akui
keberadaannya oleh sebuah negara. Untuk mendapatkan izin perusahaan juga harus
menyiapkan beberapa dokumen yang di perlukan antara lain Tanda Daftar
Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga bukti diri pendiri
perusahaan.
Tahap pengesahan menjadi badan hukum
Indonesia merupakan negara yang memiliki aturan hukum
sebagai acuan untuk mengatur seluruh kegiatan yang ada. Walaupun tidak semua
badan usaha harus berbadan hukum namun setiap usaha memang dimasukkan untuk
sebuah usaha berkembangan menjadi skala besar maka hal itu dibutuhkan untuk
mendapatkan izin kegiatan yang akan dilakukan tidak boleh mengabaikan hukum
yang berlaku.
Tahap penggolongan menurut bidang yang dijalani
Terdapat berbagai macam bentuk usaha yang di dirikan dala
sebuah negara sehingga di prlukannya penggolongan sesuai bidang yang dijalani.
Hal tersebut berkaitan dengan mengurus surat izin yang disesuaikan dengan
departemen yang membawanya.
Tahap mendapatkan pengakuan , pengesahan dan izin dari
departemen lain yang terkait
Selain mendapatkan izin maka diperlukan juga yang dinamakan
pengesahan dari departemen lain agar perusahaan tersebut memiliki pengakuan.
Kontrak kerja merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki
badan usaha / bisnis terhadap karyawannya.
Prosedur pengadaan dalam badan usaha juga dibagi menjadi dua
yaitu :
a. Pengadaan tenaga kerja yang meliputi beberapa prosedur
mulai dari perencanaan , penarikan , seleksi sampai penempatan tenaga kerja.
b. Pengadaan barang dan jasa memiliki 4 metode penyediaan
namun jika kita menggunakan metode penujukan langsung maka prosedur yang akan
berlangsung mulai dari penilaia kualifikasi, permintaan penawaran dan negosiasi
harga, penetapan dan penunjukan langsung, penunjukan penyedia barang / jasa,
pengaduan dan penandatanganan kontrak.
Aplikasi Bisnis
Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam berbisnis
diantaranya :
Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia
dapat membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung
dengan bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online.
My Budget Book merupakan aplikasi yang membantu pengguna
dalam melacak pengeluaran dan pendapatan serta membantu dalam mengelola uang
untuk lebih efektif.
Trello merupaka aplikasi android yang membantu pengguna
dalam mengorganisasi pekerjaan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk
membuat agenda yang harus ia lakukan.
Proses dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan
informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk
mengevaluasi solusi system alternative.
Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi
yang di butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi
tujuan kebutuhan informasi pemakai.
Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran
sebagai konsultan.
Aturan E-Business pada Bisnis
Komunikasi disini merupakan adanya fasilitas atau media yang
memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik dan
pemindahan barang dari penjual ke pembeli.
Perdagangan disini merupakan sistem untuk melakukan
transaksi online mulai dari promosi barang , pemesanan barang , pembayaran
hingga pengiriman barang.
Proses bisnis adalah setiap pelaku e-business yang ingin
melakukan transasi elektronik dapan memanfaatkan teknologi informasi agar
aliran informasi , transaksi maupun lama pengiriman barang jadi di persingkat
dan biayanya lebih ekonomis.
Layanan e-business memberikan layanan yang lebih baik ,
lebih ekonomis serta lebih terjangkau.
Learning dalam e-business membuat benyak masyarakat menjadi
menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Kolaborasi dalam e-business digunakan untuk menyelesaikan
sebuah transaksi. Maksudnya pada saat pengguna melakukan transaksi maka akan
terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank untuk
menyelesaikan proses pembayaran.
Komunitas dalam e-busines merupakan media yang cukup penting
untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus.
Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi
antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu pendorong awal
Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika
dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun,
sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan para staf
untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat
pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over
internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua
informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang
anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang
anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang
berkaitan dengan kompetitor anda.
Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen
perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa
perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan
menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan.
Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan,
terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara
sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses
langsung dokumen yang mereka butuhkan
Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat
digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai
bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi
itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak
data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan
untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas
investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat
melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi
terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka
merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship
Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan
terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika
sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan
menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi
pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat
segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh
interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena
mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi
perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
REFERENSI:
Komentar
Posting Komentar