Langsung ke konten utama

Inovasi SI&Teknologi informasi Modern Tugas 2 Trend Si Dalam Bidang Bisnis



TREND SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI BIDANG BISNIS
A. Tren Sistem atau Teknologi Informasi Masa Depan
Ekonomi API (Application Programming Interface)
API adalah sekumpulan perintah yang memiliki fungsi dan juga protokol yang dapat digunakan oleh seorang programer pada saat membuat sebuah perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. Di dalam ekonomi API kitajuga mengenal yang namanya System Call Interface. System ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antara API dengan system call yang di mengerti oleh OS. Dengan cara system call interface menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian ia akan memanggil system call yang di perlukan.

Pemasaran Dimensi
Pemasaran memiliki banyak arti dalam masing masing dimensi. Dalam dimensi bisnis pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang - barang dan jasa yang dapat memuaskan keinginan konsumen. Bagian pemasaran dalam sebuah persahaan memiliki sistem informasi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut. Dan sistem ini merupakan gabungan dari keputusan yag berkaitan tentang produk, tempat, promosi, dan harga produk.
Robot Manusia
Pada masa ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak sekali terciptanya macam macam teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dan robot merupakan salah satu ciptaan manusia yang ada karena adanya perkembangan teknologi. Robot sendiri sudah mengalami banyak pengembangan sehingga semakin kesini kemampuan robot yang dibuat memiliki kemampuan layaknya manusia.
Pada zaman modern seperti sekarang ini semuanya di lakukan dengan serba cepat. Oleh sebab itu teknologi informasi sangatlah di butuhkan. Hal tersebut membuat banyaknya orang ingin menjadi salah satu bagian untuk menjadi pekerja dari teknologi informasi. Karna teknologi akan terus berkembang dan tiada habisnya untuk memodifikasi teknologi menjadi lebih baik. Dan ada beberapa pekerjaan di bidang bisnis teknologi informasi yaitu :
Internet bisnis adalah bentuk bisnis yang dilakukan di dunia maya.
Sistem komputer adalah betuk bisnis dalam pengembangan perangkat lunak.
Software

Contoh Kasus
Sejak tahun 2007 Facebook mengalami peningkatan pada pengguna di indonesia. Hal tersebut terjadi karna jumlah penduduk di Indonesia juga sangat banyak. Namun semakin kesini semakin banyak muncul berbagai macam aplikasi yang menawarkan brbagai macam kegunaa. Oleh sebab itu facebook juga makin memperbanyak fitur fitur di dalamnya agar ia tetap menjaga konsisten pengguna untuk tetap memakai aplikasi Facebook. Selain itu sekarang Facebook juga mulai digunakan untuk melakuka aktivitas bisnis seperti berjulan.
B. Trend Sistem atau Teknologi Informasi dalam Bidang Bisnis
Pengertian dan Tujuan Bisnis
Menurut Prof.L.R.Dicksee bisnis adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang berkepentingan dalam aktivitas tersebut. Bisnis sendiri memiliki beberapa tujuan lainnya yaitu :
Untuk mendapatkan profit
Agar pemilik memiliki kesejahteraan
Ingin berprestasi sehingga dapat dikenal oleh banyak orang
Untuk memanfaatkan waktu luang
Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dengan semakin majunya teknologi, hal ini membawa banyak manfaat yang berguna bagi masyarakat.Dan teknologi informasi menjadi salah satu teknologi yang memberikan manfaat di dunia bisnis. Oleh sebab itu teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap dunia bisnis karna memberikan beberapa manfaat utuk dunia bisnis yaitu :
Membuat adanya peluang baru dalam dunia bisnis yaitu E-Busiess 
Dapat memperluas pangsa pasar
Dapat mengurangi biaya produksi dan operasional
Prosedur Pendirian Bisnis , Kontrak Kerja dan Prosedur Pengadaan
Dalam prosedur pendirian bisnis memiliki beberapa tahapan yang perlu diperhatikan yaitu :
Tahap pengurusan izin pendirian
Mendapatkan sebuah izin dalam mendirikan perusahaan sangatlah penting. Karna hal tersebut membuat perusahaan yang kita dirikan dapat di akui keberadaannya oleh sebuah negara. Untuk mendapatkan izin perusahaan juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang di perlukan antara lain Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga bukti diri pendiri perusahaan.
Tahap pengesahan menjadi badan hukum
Indonesia merupakan negara yang memiliki aturan hukum sebagai acuan untuk mengatur seluruh kegiatan yang ada. Walaupun tidak semua badan usaha harus berbadan hukum namun setiap usaha memang dimasukkan untuk sebuah usaha berkembangan menjadi skala besar maka hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan izin kegiatan yang akan dilakukan tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku.
Tahap penggolongan menurut bidang yang dijalani
Terdapat berbagai macam bentuk usaha yang di dirikan dala sebuah negara sehingga di prlukannya penggolongan sesuai bidang yang dijalani. Hal tersebut berkaitan dengan mengurus surat izin yang disesuaikan dengan departemen yang membawanya.
Tahap mendapatkan pengakuan , pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Selain mendapatkan izin maka diperlukan juga yang dinamakan pengesahan dari departemen lain agar perusahaan tersebut memiliki pengakuan.
Kontrak kerja merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki badan usaha / bisnis terhadap karyawannya. 
Prosedur pengadaan dalam badan usaha juga dibagi menjadi dua yaitu : 
a. Pengadaan tenaga kerja yang meliputi beberapa prosedur mulai dari perencanaan , penarikan , seleksi sampai penempatan tenaga kerja.
b. Pengadaan barang dan jasa memiliki 4 metode penyediaan namun jika kita menggunakan metode penujukan langsung maka prosedur yang akan berlangsung mulai dari penilaia kualifikasi, permintaan penawaran dan negosiasi harga, penetapan dan penunjukan langsung, penunjukan penyedia barang / jasa, pengaduan dan penandatanganan kontrak.
 
Aplikasi Bisnis
Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam berbisnis diantaranya :
Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia dapat membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung dengan bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online.
My Budget Book merupakan aplikasi yang membantu pengguna dalam melacak pengeluaran dan pendapatan serta membantu dalam mengelola uang untuk lebih efektif.
Trello merupaka aplikasi android yang membantu pengguna dalam mengorganisasi pekerjaan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat agenda yang harus ia lakukan.
Proses dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi solusi system alternative.
Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi tujuan kebutuhan informasi pemakai.
Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran sebagai konsultan.
Aturan E-Business pada Bisnis
Komunikasi disini merupakan adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik dan pemindahan barang dari penjual ke pembeli.
Perdagangan disini merupakan sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari promosi barang , pemesanan barang , pembayaran hingga pengiriman barang.
Proses bisnis adalah setiap pelaku e-business yang ingin melakukan transasi elektronik dapan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi , transaksi maupun lama pengiriman barang jadi di persingkat dan biayanya lebih ekonomis.
Layanan e-business memberikan layanan yang lebih baik , lebih ekonomis serta lebih terjangkau.
Learning dalam e-business membuat benyak masyarakat menjadi menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Kolaborasi dalam e-business digunakan untuk menyelesaikan sebuah transaksi. Maksudnya pada saat pengguna melakukan transaksi maka akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank untuk menyelesaikan proses pembayaran.
Komunitas dalam e-busines merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus.
Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.

Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.

Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan

Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.

Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

REFERENSI:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Data Mining

Data Mining    Data mining mengacu pada proses untuk menambang (mining) pengetahuan dari sekumpulan data yang sangat besar [Jiawei, 2001]. Sebenarnya   data mining merupakan suatu langkah dalam knowlegde discovery in databases (KDD). Knowledge discovery sebagai suatu proses terdiri atas pembersihan data (data cleaning), integrasi data (data integration), pemilihan data (data selection), transformasi data (data transformation),   data mining, evaluasi pola (pattern evaluation) dan penyajian pengetahuan (knowledge presentation). Kerangka proses data mining yang akan dibahas tersusun atas tiga tahapan, yaitu pengumpulan data (data collection), transformasi data (data transformation), dan analisis data (data analysis) [Nilakant, 2004]. Proses tersebut diawali dengan preprocessing yang terdiri atas pengumpulan data untuk menghasilkan data mentah (raw data) yang dibutuhkan oleh data mining, yang kemudian dilanjutkan dengan transformasi data untuk mengubah data mentah menjadi format yang

Proses Dalam Organisasi

PROSES DALAM ORGANISASI ORGANISASI: Pengertian Organisasi menurut para ahli 1. Menurut Stephen P. Robbinss Organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 2. Menurut James D Mooney Organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 3. Menurut Stoner Organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 4. Menurut Chester I Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 5. Menurut Schein Organisasi merupakan suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. 6. Menurut Kochler Organisasi mer