Langsung ke konten utama

Ilmu Sosial Dasar Tugas 4 Toleransi Beragama Di Indonesia



Pengertian Toleransi Dalam Beragama

Pengertian Toleransi Dalam Beragama. Toleransi mengandung arti membolehkan terbentuknya sistem yang menjamin terjaminnya pribadi, harta benda dan unsur-unsur minoritas yang terdapat pada masyarakat dengan menghormati agama, moralitas dan lembaga-lembaga mereka serta menghargai pendapat orang lain serta perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungannya tanpa harus berselisih dengan sesamanya karena hanya berbeda keyakinan atau agama.         

Definisi Toleransi Dalam Beragama
Toleransi beragama memiliki arti sikap lapang dada seseorang untuk menghormati dan membiarkan pemeluk agama untuk melaksanakan ibadah mereka menurut ajaran dan ketentuan agama masing-masing yang diyakini tanpa ada yang mengganggu atau memaksakan baik dari orang lain maupun dari keluarganya sekalipun.

Adapun kaitannya dengan agama, pengertian toleransi beragama adalah toleransi yang mencakup masalah - masalah keyakinan pada diri manusia yang berhubungan dengan akidah atau yang berhubungan dengan ke-Tuhanan yang diyakininya.

Toleransi dalam pergaulan hidup antara umat beragama, yang didasarkan kepada; setiap agama menjadi tanggung jawab pemeluk agama itu sendiri dan mempunyai bentuk ibadat (ritual) dengan system dan cara tersendiri yang ditaklifkan (dibebankan) serta menjadi tanggung jawab orang yang pemeluknya atas dasar itu, maka toleransi dalam pergaulan hidup antar umat beragama bukanlah toleransi dalam masalah-masalah keagamaan, melainkan perwujudan sikap keberagamaan pemeluk suatu agama dalam pergaulan hidup antara orang yang seagama, dalam masalah-masalah kemasyarakatan atau kemaslahatan umum.

Toleransi Umat beragama di Indonesia

Pandangan ini muncul dilatarbelakangi oleh semakin meruncingnya hubungan antar umat beragama di indonesia. Penyebab munculnya ketegangan antar umat beragama tersebut antara lain:

Kurangnya pengetahuan para pemeluk agama akan agamanya sendiri dan agama pihak lain.

Kaburnya batas antara sikap memegang teguh keyakinan agama dan toleransi dalam kehidupan masyarakat.

Sifat dari setiap agama, yang mengandung misi dakwah dan tugas dakwah.

Kurangnya saling pengertian dalam menghadapi masalah perbedaan pendapat.

Para pemeluk agama tidak mampu mengontrol diri, sehingga tidak menghormati bahkan memandang randah agama lain.

Kecurigaan terhadap pihak lain, baik antar umat beragama, intern umat beragama, atau antara umat beragama dengan pemerintah.

 Pluralitas agama hanya dapat dicapai seandainya masing-masing kelompok bersikap lapang dada satu sama lain. Sikap lapang dada dalam kehidupan beragama akan memiliki makna bagi kemajuan dan kehidupan masyarakat plural, apabila ia diwujudkan dalam:

Sikap saling mempercayai atas itikad baik golongan agama lain.

Sikap saling menghormati hak orang lain yang menganut ajaran agamanya.

Sikap saling menahan diri terhadap ajaran, keyakinan dan kebiasan kelompok agama lain yang berbeda, yang mungkin berlawanan dengan ajaran, keyakinan dan kebiasaan sendiri

Contoh berita yang saya kutip :


Kamis 13 Desember 2018, 17:08 WIB
Toleransi Agama di RI Tahun 2018 Dinilai Lebih Baik Dibanding 2017
Jakarta - Toleransi agama di tahun 2018 dinilai lebih baik dibandingkan dengan tahun 2017. Hal itu karena salah satunya berkurangnya persekusi.

"Saya melihat ada kematangan (toleransi agama). Kematangan itu ditunjukkan dengan walaupun dalam persaingan yang seketat ini dan sekeras itu, dengan statement yang setajam itu tetapi tidak ada konflik berdarah dan konflik fisik yang terjadi. Di satu sisi ada kebaikan karena nggak ada konflik fisik dan jangan sampai ini keterusan dalam berpolitik," kata Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama antar Agama dan Peradaban, Syafiq A Mughni, dalam diskusi mengenai kerukunan bangsa releksi akhir tahun dan proyeksi awal tahun, di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2018).

Ia mengatakan salah satu contoh berkurangnya konflik penolakan pendirian rumah ibadah dan persekusi pada kelompok minoritas. "Kalau dulu ada yang menggunakan violence untuk tujuan tertentu bisa jadi tidak jelas tujuannya tahun ini nggak ada misalnya perusakan tempat ibadah relatif tidak ada. Kemudian persekusi terhadap kelompok minorutas lebih kecil," kata Syafiq.
Diskusi ini juga dihadiri tokoh agama, yakni Ketum Majelis Tinggi Agama Konghuchu Uung Sendana, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammaduyah Abdul Mu'ti, Ketua Konferensi Waligreja Indonesia Romo Agustinus Ulahayanan, Ketum Persekutuan Gereja Indonesia Henriette T Lebang, Ketua Pengurus Besar Nadhlatul Ulama Robikin Emhas, Krtum Pafisada Hindu Dharma Indonesia Mayjend TNI Wisnu Bawa Tenaya, Ketum Persatuan Umat Budha Indonesia Philip Widjaja

Pendapat pribadi:
Toleransi mengandung arti membolehkan terbentuknya sistem yang menjamin terjaminnya pribadi, harta benda dan unsur-unsur minoritas yang terdapat pada masyarakat dengan menghormati agama, moralitas dan lembaga-lembaga mereka serta menghargai pendapat orang lain serta perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungannya tanpa harus berselisih dengan sesamanya karena hanya berbeda keyakinan atau agama
toleransi beragama terutama di indonesia semakin membaik dari hari-ke hari dari contoh berita di atas dapat dilihat kerukunan umat yang berbeda agama membahas mengenai berkembangnya sikap toleransi antar umat beragama walau-pun masi ada saja kasus di mana kurang nya sikap toleransi antar umat beragama tetapi tidak sampai menghancurkan sikap kepedulian / tolenransi yang tejadi saat ini

Referensi:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Data Mining

Data Mining    Data mining mengacu pada proses untuk menambang (mining) pengetahuan dari sekumpulan data yang sangat besar [Jiawei, 2001]. Sebenarnya   data mining merupakan suatu langkah dalam knowlegde discovery in databases (KDD). Knowledge discovery sebagai suatu proses terdiri atas pembersihan data (data cleaning), integrasi data (data integration), pemilihan data (data selection), transformasi data (data transformation),   data mining, evaluasi pola (pattern evaluation) dan penyajian pengetahuan (knowledge presentation). Kerangka proses data mining yang akan dibahas tersusun atas tiga tahapan, yaitu pengumpulan data (data collection), transformasi data (data transformation), dan analisis data (data analysis) [Nilakant, 2004]. Proses tersebut diawali dengan preprocessing yang terdiri atas pengumpulan data untuk menghasilkan data mentah (raw data) yang dibutuhkan oleh data mining, yang kemudian dilanjutkan dengan transformasi data untuk mengubah data mentah menjadi format yang

Proses Dalam Organisasi

PROSES DALAM ORGANISASI ORGANISASI: Pengertian Organisasi menurut para ahli 1. Menurut Stephen P. Robbinss Organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 2. Menurut James D Mooney Organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 3. Menurut Stoner Organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 4. Menurut Chester I Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 5. Menurut Schein Organisasi merupakan suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. 6. Menurut Kochler Organisasi mer