Langsung ke konten utama

Tugas Sistem Informasi Manajemen 1

1.      Dari uraian singkat mengenai definisi informasi yang anda ketahui kebutuhan informasi apa yang singkat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya?
Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut
Definisi informasi adalah kumpulan dari sebuah data baik itu merupakan data hasil rekaman atau tulisan dan lain sebagainya (mempunyai suatu makna) yang dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya
Kebutuhan Informasi yang mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya:
·         Persaingan dengan perusahaan lain
Informasi mengenai perusahaan pesaing sangat di perlukan agar perusahaan dapat bertahan dan menjadi lebih baik dalam mengembangkan hasil produksi
·         Tingkat perekonomian internasional
Informasi ini diperlukan bagi perusahaan untuk mencari peluang-peluang ekonomi yang ada dalam skala internasional sehingga bisa di manfaatkan menjadi suatu yang menguntungkan
·         Pandangan konsumen
informasi ini sangat di butuhkan untuk mengetahui pandangan kosumen terhadap suatu perusahaan sehingga perusahaan dapat berkembang dengan mengetahui keinginan konsumen
·         Kualitas yang dihasilkan
Informasi ini di perlukan untuk menjaga kualitas produksi agar tetap dapat bersaing baik itu di pasar local maupun internasional
Contoh perusahaan nya adalaha PT INDOCEMENT
PT INDOCEMENT merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang merupakan pelopor di bidang industry semen yang menerapkan teknologi pabrikan  semen terkini menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan ramah lingkungan (ini membuktikan bahwa PT INDOCEMENT telah berhasil melaksanakan serta mengembangkan informasi sehingga meningkatkan manajemennya)
2.      Sebutkan dan jelaskan lima bentuk sumber yang di kelola manajemen
o   Manusia
o   Material
o   Mesin
o   Uang
o   Informasi
·         Manusia = Manusia berperan penting dalam proses manajemen, karena menjadi pusat pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan di atur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.

·         Material = Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.



·          Mesin = Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.



·          Uang = Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.



·         Informasi = Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.
3.      Sebut dan jelaskan element-element lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik?
Elemen lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan
1. Internet = Dengan Menggunakan media Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui perkembangan pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik.


2. Telepon/Handphone = merupakan media penghubung antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya atau dapat pula menghubungkan dengan konsumen


3.Faximille/telegram =  Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.


4.Jaringan computer =  Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.

Elemen elemen lingkungan yang berhubungan dengan perusahaan meliputi :

Perusahaan dan Pemerintah

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data  Jumlah Karyawan, dan Data Kebijakan Pemerintah.

Perusahaan dan Masyarakat Keuangan

Data yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan,Data Keuangan Perusahaan, Data Penjualan, Data Produksi.

Perusahaan dan Pemasok

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemasok, antara lain : Data Daftar Barang, Data Produksi, Data Harga Jual, Data Keluar Masuk Barang, Data Kualitas Barang. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemasok pada Perusahaan, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Pembelian Barang, dan Data Keuangan.

Perusahaan dan Pelanggan

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan. Sedangkan data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk.

Perusahaan dan Serikat Buruh

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan Serikat Buruh dan  Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan.

Perusahaan dan Pemegang Saham / Pemilik

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham / Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara lain  : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data Profil Perusahaan.

Perusahaan dengan Masyarakat Global ( Bisnis )

Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan.

Perusahaan dan Pesaing


Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pesaing, antara lain : Data Penjualan Pesaing, Data Sumber daya Manusia Pesaing, Data Sumber Daya Sistim pesaing dan Data Informasi Dari Customer tentang Pesaing. Sedangkan yang dibutuhkan Pesaing pada Perusahaan, antara lain : Data Profil, Data SDS, Data SDM.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Data Mining

Data Mining    Data mining mengacu pada proses untuk menambang (mining) pengetahuan dari sekumpulan data yang sangat besar [Jiawei, 2001]. Sebenarnya   data mining merupakan suatu langkah dalam knowlegde discovery in databases (KDD). Knowledge discovery sebagai suatu proses terdiri atas pembersihan data (data cleaning), integrasi data (data integration), pemilihan data (data selection), transformasi data (data transformation),   data mining, evaluasi pola (pattern evaluation) dan penyajian pengetahuan (knowledge presentation). Kerangka proses data mining yang akan dibahas tersusun atas tiga tahapan, yaitu pengumpulan data (data collection), transformasi data (data transformation), dan analisis data (data analysis) [Nilakant, 2004]. Proses tersebut diawali dengan preprocessing yang terdiri atas pengumpulan data untuk menghasilkan data mentah (raw data) yang dibutuhkan oleh data mining, yang kemudian dilanjutkan dengan transformasi data untuk mengubah data mentah menjadi format yang

Proses Dalam Organisasi

PROSES DALAM ORGANISASI ORGANISASI: Pengertian Organisasi menurut para ahli 1. Menurut Stephen P. Robbinss Organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 2. Menurut James D Mooney Organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 3. Menurut Stoner Organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 4. Menurut Chester I Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 5. Menurut Schein Organisasi merupakan suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. 6. Menurut Kochler Organisasi mer