1. Sebutkan dan jelaskan properti
sistem yang memberikan keamanan untuk sebuah sistem !
Jawab :
System properties(propreti sistem)
adalah menu yang berisi sejumlah pengaturan khusus pada sistem komputer,
seperti proteksi, remote, dan lain-lain. Pada win vista tab pada system
properties hanya di bagi 5 saja yakni mencangkup computer name, hardware,
advanced, system properties, dan remote.
Properti Sistem Yang dapat
Memberikan Keamanan.
Sebuah system harus mempunyai tiga
property (sifat), yaitu :
· Integritas, system akan mempunyai
integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha
untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu
kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari
komponennya tidak berjalan.
· Audibilitas, ia akan bersifat
audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila
system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa,
memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
· Daya kontrol, daya kontrol
memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh
terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini
adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara
terpisah.
2. Komputer yang ada dalam jaringan
memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada komputer yang ada
didalam suatu ruangan, sebut dan jelaskan area kontrol untuk komunikasi data !
Jawab :
Komunikasi Data (Data
Communication)
Komputer yang ada dalam jaringan
memberikan peluang risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada
di dalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :
- Kontrol pengiriman pesan
- Kontrol saluran (channel)
komunikasi
- Kontrol penerimaan pesan
- Rencana pengamanan datacom secara
menyeluruh
3. Prototype dapat memberikan ide
bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem
berfungsi dalam bentuk lengkapnya,
proses akan menghasilkan prototype (prototyping),
sebutkan dan jelaskan jenis – jenis
prototype !
Jawab :
Prototyping merupakan salah satu
metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode
prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama
proses pembuatan sistem.Prototyping dapat diartikan sebagai proses yang
digunakan untuk membantu pengembang perangkat lunak dalam membentuk model dari
perangkat lunak yang harus dibuat.
Model tersebut dapat berupa tiga
bentuk:
Bentuk prototype di atas
kertas/model berbasis komputer yang menggambarkan interaksi manusia yang
mungkin terjadi.
Working prototype, yang
mengimplementasikan sebagian dari fungsi yang ditawarkan perangkat lunak.
Program jadi yang melakukan
sebagian atau seluruh fungsi yang akan dilakukan, tapi masih ada fitur yang
masih dikembangkan.
Jenis – jenis Prototype :
1. Jenis I , akan menjadi sistem
opersional.
Langkah – langkahnya :
-Mengidentifikasi kebutuhan user.
-Mengembangkan prototype.
-Menentukan apakah prototype dapat
diterima.
-Menggunakan prototype.
2. Jenis II , langkah – langkahnya
:
-Mengadakan sistem operasional.
-Menguji sistem operasional.
-Menentukan jika sistem operasional
dapat diterima.
-Menggunakan sistem operasional.
4. Sebutkan dan jelaskan sumber
daya informasi perusahaan !
Jawab :
SUMBER DAYA INFORMASI PERUSAHAAN.
Macam- macam Sumber Daya Informasi
:
1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS).
Hardware merupakan element dari
sistem computer. Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara
fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat
keluaran.
2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK).
Merupakan sekumpulan perintah yang
dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari
susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer.
Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program,
dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak
tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan
menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
3. SPESIALIS INFORMASI.
Spesialisasi informasi (information
specialist) untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung
jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.
4. PEMAKAI (MANUSIA).
End user sinonim dengan pemakai, ia
menggunakan produk akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user
computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis
komputer oleh para pemakai.
5. FASILITAS (MESIN).
Fasilitas merupakan sumber daya
untuk menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi.
Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya
tersebut.
6. DATABASE.
Basis data (database) adalah
kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan
perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data,
struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database
merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena
merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
7. INFORMASI
Informasi adalah data yang diolah
menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data
adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang
nyata. Atau data adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek
seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep,
keadaan, dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar,
bunyi atau kombinasinya.
5. Sebutkan dan jelaskan 6 tahap
dasar untuk mencapai manajemen mutu !
Jawab :
Tahapan - tahapannya :
1. mengidentifikasikan pelanggan IS
2. menentukan kebutuhan kualitas
3. menetapkan metrik kualitas
4. menentukan strategi kualitas IS
5. menerapkan program kualitas IS
6. memantau kinerja kualitsa IS
sumber:
Komentar
Posting Komentar