Langsung ke konten utama

Trend Sistem/Teknologi Informasi Saat Ini


UNIVERSITAS GUNADARMA

SISTEM INFORMASI


TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL



ARRAAFI
ALMI TRISNA NINGTYAS
ANTONY
EKO SETYO NUGROHO
SUCI DIANA PUTRI
KELAS : 5KA43

INOVASI SI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN #

2018









Seiring perkembangan zaman perkembangan teknologi informasi dapan memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya.dengan kemajuannya teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali beredar informasi informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak untuk kegiatan kita kedepannya.
 
 
 
Dampak positif Perkembangan teknologi di kalangan saat ini dapat memudahkan mencari informasi dan memudahkan pekerjaan tergantung bagainama kita menggunakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain. namun disatu sisi ada juga dampak negatifnya yaitu, Dampak negatif perkembangan teknologi di kalangan saat ini banyak remaja yang salah menggunakan teknologi ini yang hanya untuk kepentingan pribadi yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan. Melalui teknologi yang menggunakan jaringan internet ini dapat memudahkan kita bertransaksi dengan mudah dan cepat,serta dapat mendidik remaja untuk mengenali teknologi dengan baik,sehingga remaja tidak terjerumus perkembangan teknologi yang menjerumuskan mereka kearah yang negatif.
 
 
 
Agar kita tidak terjerumus kearah yang negatif tentang perkembangan teknologi saat ini,kita harus mempelajari apa itu teknologi supaya kita paham tentang teknologi dan cara menggunakan teknologi dengan baik,sehingga kita tidak salah menggunakan teknologi saat ini. Perlu adanya pengawasan yang menjadi hal sangat penting terutama bagi orang tua yang memberikan akses teknologi informasi ke anak anaknya untuk bisa mengawasi anaknya untuk batasan tertentu dalam mengakses luas teknologi informasi.
 
 
 
Apabila kita menggunakan teknologi dengan benar kita dapat melalukan pekerjaan, penjualan, dan lainnya, sehingga kita dapat menjadikan teknologi sebagai mata pencarian kita sehinnga kita akan mendapatkan uang dengan cara berjualan dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini. Kita harus menggunakan teknologi dengan baik dan benar sehinga kita juga bisa mendapatkan uang dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini.
 
 
 
Berikut adalah perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi pada masa kini :
 
 
 
Social Gaming
 
 
 
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
 
 
 
Body Motion Sensor
 
 
 
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
 
 
 
Augmented Reality
 
 
 
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
 
 
 
Internet TV
 
 
 
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
 
 
 
Mobile Payments
 
 
 
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
 
 
 
Online Application
 
 
 
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
 
 
 
Intelligent Things
 
 
 
Kombinasi AI dan machine learning memasuki era internet of things yang baru, yakni intelligent things. Teknologi ini memungkinkan kita berinteraksi secara lebih kohesif. Contohnya Amazon Echo dan Google Home yang bisa menerima perintah lewat suara. Beberapa perangkat pintar lain bakal bekerja mandiri tanpa input manusia.
 
 
 
Digital Twins
 
 
 
Digital twins adalah kembaran virtual sebuah mesin yang disimpan dalam komputer. Fungsinya membantu kita mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi akurat. Menurut Gartner, lebih dari 440 miliar US Dollar akan dibelanjakan untuk keperluan IoT pada 2020 mendatang dengan sekitar 21 miliar sensor terhubung.
 
 
 
Conversational Platform
 
 
 
Tahun 2018 nanti semakin banyak perusahaan mengandalkan conversational platform. Yaitu chatbot sebagai pendekatan baru demi menggapai konsumen. CP memungkinkan perusahaan dan konsumen saling berinteraksi bahkan bertransaksi lebih cepat, biayanya pun sangat efisien.
 
 
 
Immersive Experience
 
 
 
Kombinasi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), yakni Mixed Reality (MR) akan mengubah cara kita melakukan interaksi di dunia digital. Tengoklah Apple dan Google yang telah membawa aplikasi AR untuk smartphone besutan mereka. Gartner memprediksi, lima tahun ke depan dunia berfokus pada Mixed Reality. Sehingga nantinya pengguna bisa berinteraksi dengan berbagai benda di dunia digital maupun dunia nyata.
 
 
 
Event Driven
 
 
 
Kegiatan bisnis juga turut dicatat secara digital. Dimana penemuan dan perubahan dalam bisnis terdeteksi cepat dan dianalisis lebih akurat. Gartner mengatakan, di tahun 2020 mendatang teknologi berikut dibutuhkan untuk 80% dari solusi bisnis digital.
 
 
 
Blockchain
 
 
 
Blockchain merupakan buku besar yang dapat diakses publik dan menunjukkan semua riwayat transaksi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya, Blockchain akan memadukan bermacam proses. Mencakup database, konsep middleware, manajemen moneter, analisis, keamanan dan identitas.
 
 
 
Mesin 3-D Metal Printing
 
 
 
Mesin 3-D Metal Printing adalah Sebuah printer yang dapat membuat objek metal dengan lebih cepat dan murah. Kemampuan Mesin 3-D Metal Printing adalah untuk membuat benda-benda logam besar dan kompleks sesuai permintaan, yang dapat mengubah operasional bisnis manufaktur.
 
 
 
Dueling Neural Networks
 
Dueling Neural Networks adalah Dua sistem AI dapat berdebat satu sama lain untuk menciptakan gambar atau suara orisinal yang sangat realistis, sesuatu yang belum pernah bisa dilakukan oleh mesin sebelumnya. Dueling Neural Networks Ini dapat memberikan mesin sesuatu yang mirip dengan imajinasi, yang dapat membantu mereka menjadi kurang bergantung pada manusia tetapi juga mengubahnya menjadi alat yang sangat kuat untuk pemalsuan digital.
 
Perfect Online Privacy
 
Para ilmuwan komputer menyempurnakan alat kriptografi untuk membuktikan sesuatu tanpa mengungkapkan informasi yang mendasari bukti itu. Mengapa teknologi ini sangat penting, karena jika kamu perlu mengungkapkan informasi pribadi untuk menyelesaikan sesuatu secara online, akan lebih mudah untuk melakukannya tanpa membahayakan privasimu atau mengekspos dirimu terhadap pencurian identitasa

Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Data Mining

Data Mining    Data mining mengacu pada proses untuk menambang (mining) pengetahuan dari sekumpulan data yang sangat besar [Jiawei, 2001]. Sebenarnya   data mining merupakan suatu langkah dalam knowlegde discovery in databases (KDD). Knowledge discovery sebagai suatu proses terdiri atas pembersihan data (data cleaning), integrasi data (data integration), pemilihan data (data selection), transformasi data (data transformation),   data mining, evaluasi pola (pattern evaluation) dan penyajian pengetahuan (knowledge presentation). Kerangka proses data mining yang akan dibahas tersusun atas tiga tahapan, yaitu pengumpulan data (data collection), transformasi data (data transformation), dan analisis data (data analysis) [Nilakant, 2004]. Proses tersebut diawali dengan preprocessing yang terdiri atas pengumpulan data untuk menghasilkan data mentah (raw data) yang dibutuhkan oleh data mining, yang kemudian dilanjutkan dengan transformasi data untuk mengubah data mentah menjadi format yang

Proses Dalam Organisasi

PROSES DALAM ORGANISASI ORGANISASI: Pengertian Organisasi menurut para ahli 1. Menurut Stephen P. Robbinss Organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 2. Menurut James D Mooney Organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 3. Menurut Stoner Organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 4. Menurut Chester I Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 5. Menurut Schein Organisasi merupakan suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. 6. Menurut Kochler Organisasi mer