UNIVERSITAS
GUNADARMA
SISTEM
INFORMASI
TUGAS
KELOMPOK SOFTSKILL
ARRAAFI
ALMI
TRISNA NINGTYAS
ANTONY
EKO
SETYO NUGROHO
SUCI
DIANA PUTRI
KELAS
: 5KA43
INOVASI
SI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN #
2018
Seiring perkembangan zaman perkembangan teknologi
informasi dapan memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan
mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya.dengan kemajuannya
teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai
dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali
beredar informasi informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan
segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi
segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu
banyak untuk kegiatan kita kedepannya.
Dampak positif Perkembangan teknologi di kalangan saat
ini dapat memudahkan mencari informasi dan memudahkan pekerjaan tergantung
bagainama kita menggunakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi kita dan orang
lain. namun disatu sisi ada juga dampak negatifnya yaitu, Dampak negatif
perkembangan teknologi di kalangan saat ini banyak remaja yang salah
menggunakan teknologi ini yang hanya untuk kepentingan pribadi yang
dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka
kerjakan. Melalui teknologi yang menggunakan jaringan internet ini dapat
memudahkan kita bertransaksi dengan mudah dan cepat,serta dapat mendidik remaja
untuk mengenali teknologi dengan baik,sehingga remaja tidak terjerumus
perkembangan teknologi yang menjerumuskan mereka kearah yang negatif.
Agar kita tidak terjerumus kearah yang negatif tentang
perkembangan teknologi saat ini,kita harus mempelajari apa itu teknologi supaya
kita paham tentang teknologi dan cara menggunakan teknologi dengan
baik,sehingga kita tidak salah menggunakan teknologi saat ini. Perlu adanya
pengawasan yang menjadi hal sangat penting terutama bagi orang tua yang
memberikan akses teknologi informasi ke anak anaknya untuk bisa mengawasi
anaknya untuk batasan tertentu dalam mengakses luas teknologi informasi.
Apabila kita menggunakan teknologi dengan benar kita
dapat melalukan pekerjaan, penjualan, dan lainnya, sehingga kita dapat
menjadikan teknologi sebagai mata pencarian kita sehinnga kita akan mendapatkan
uang dengan cara berjualan dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat
ini. Kita harus menggunakan teknologi dengan baik dan benar sehinga kita juga
bisa mendapatkan uang dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini.
Berikut adalah perubahan trend dan perkembangan
teknologi informasi pada masa kini :
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di
tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game
seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan
Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan
micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash
online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul
kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki.
Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion
Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa
software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang
menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer
disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang
mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC
namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di
tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum.
Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan
selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan.
Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network
seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile
gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash
menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul
pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan
harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web
dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang
tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan
maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia
dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
Intelligent Things
Kombinasi AI dan machine learning memasuki era
internet of things yang baru, yakni intelligent things. Teknologi ini memungkinkan
kita berinteraksi secara lebih kohesif. Contohnya Amazon Echo dan Google Home
yang bisa menerima perintah lewat suara. Beberapa perangkat pintar lain bakal
bekerja mandiri tanpa input manusia.
Digital Twins
Digital twins adalah kembaran virtual sebuah mesin
yang disimpan dalam komputer. Fungsinya membantu kita mengumpulkan informasi
berbasis data dan prediksi akurat. Menurut Gartner, lebih dari 440 miliar US
Dollar akan dibelanjakan untuk keperluan IoT pada 2020 mendatang dengan sekitar
21 miliar sensor terhubung.
Conversational Platform
Tahun 2018 nanti semakin banyak perusahaan
mengandalkan conversational platform. Yaitu chatbot sebagai pendekatan baru
demi menggapai konsumen. CP memungkinkan perusahaan dan konsumen saling
berinteraksi bahkan bertransaksi lebih cepat, biayanya pun sangat efisien.
Immersive Experience
Kombinasi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality
(AR), yakni Mixed Reality (MR) akan mengubah cara kita melakukan interaksi di dunia
digital. Tengoklah Apple dan Google yang telah membawa aplikasi AR untuk
smartphone besutan mereka. Gartner memprediksi, lima tahun ke depan dunia
berfokus pada Mixed Reality. Sehingga nantinya pengguna bisa berinteraksi
dengan berbagai benda di dunia digital maupun dunia nyata.
Event Driven
Kegiatan bisnis juga turut dicatat secara digital.
Dimana penemuan dan perubahan dalam bisnis terdeteksi cepat dan dianalisis
lebih akurat. Gartner mengatakan, di tahun 2020 mendatang teknologi berikut
dibutuhkan untuk 80% dari solusi bisnis digital.
Blockchain
Blockchain merupakan buku besar yang dapat diakses
publik dan menunjukkan semua riwayat transaksi di dalam jaringan Bitcoin. Ke
depannya, Blockchain akan memadukan bermacam proses. Mencakup database, konsep
middleware, manajemen moneter, analisis, keamanan dan identitas.
Mesin 3-D Metal Printing
Mesin 3-D Metal Printing adalah Sebuah printer yang
dapat membuat objek metal dengan lebih cepat dan murah. Kemampuan Mesin 3-D
Metal Printing adalah untuk membuat benda-benda logam besar dan kompleks sesuai
permintaan, yang dapat mengubah operasional bisnis manufaktur.
Dueling Neural Networks
Dueling Neural Networks adalah Dua sistem AI dapat
berdebat satu sama lain untuk menciptakan gambar atau suara orisinal yang
sangat realistis, sesuatu yang belum pernah bisa dilakukan oleh mesin
sebelumnya. Dueling Neural Networks Ini dapat memberikan mesin sesuatu yang
mirip dengan imajinasi, yang dapat membantu mereka menjadi kurang bergantung
pada manusia tetapi juga mengubahnya menjadi alat yang sangat kuat untuk pemalsuan
digital.
Perfect Online Privacy
Para ilmuwan komputer menyempurnakan alat kriptografi
untuk membuktikan sesuatu tanpa mengungkapkan informasi yang mendasari bukti
itu. Mengapa teknologi ini sangat penting, karena jika kamu perlu mengungkapkan
informasi pribadi untuk menyelesaikan sesuatu secara online, akan lebih mudah
untuk melakukannya tanpa membahayakan privasimu atau mengekspos dirimu terhadap
pencurian identitasa
Referensi:
Komentar
Posting Komentar